Brand

11 November, 2012


Brand recognition (Pengenalan merek)

Brand (merek) menjadi salah satu bagian terpenting dari suatu produk. Selain menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Brand merupakan istilah tanda, symbol atau desain yang juga membedakan produk atau jasa dengan produk lainnya, tidak hanya itu menarik perhatian konsumen atas suatu produk baru yang menawarkan suatu keunggulan juga dapat digambarkan dari suatu merek, sehingga kosumen tahu atau menjadi tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Dalam suatu brand terdapat beberapa jenjang atau tahapan yaitu : Brand Recognition, Brand Preference, Brand Insistence dan Lovely Brand atau Brand Satisfy. 
Pada tahapan ini sebuah brand memasuki tahapan pengenalan produk baru menjadi produk yang familiar di mata publik, setiap saat brand muncul dengan tema sama dan dilakukan berulang-ulang sehingga brand mudah diingat oleh konsumen. Contohnya produk pemutih pakaian Bayclin. Produk pemutih pakaian, baycline. Produk pemutih pakaian yang diprosuksi sejak tahun 1997 oleh PT. Jonshon Home Hygiene Product yang cukup banyak dikenal dengan spesialisasi untuk memutihkan pakaian dan menghilangkan noda. Pada dasarnya, Bayclin sangat efektif untuk memutihkan pakaian bewarna putih serta menghilangkan noda dan bau tidak enak (apek). Dari sini kebiasaan konsumen yang mencuci dengan detergen pencuci baju biasanya, mulai tertarik karena kemunculan Bayclin sebagai pencuci khusus baju putih serta ampuh menghilangkan noda tidak seperti detergen lainnya yang hanya menggangkat bau dan member kesan wangi.Karena muncul dengan keunggulannya maka Bayclin pun mulai diminati dipasaran. 

Brand Preference (Pemilihan merek) 
Seringkali ditemukan sebagai variabel yang langsung mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli brand. Brand Preference merupakan kecenderungan seorang konsumen untuk menyukai sebuah brand dibandingkan yang lainnya sehingga akan membentuk keinginannya untuk membeli brand tersebut. Brand preference dihasilkan dari perbandingan atau penilaian sebuah brand relatif terhadap brand yang lainnya jika brand tersebut memiliki personality yang sesuai atau memberikan value yang optimal maka konsumen akan cenderung menyukai brand tersebut. Misal dalam kasus Baycline, dimana ketika seorang membutuhkan pemutih pakaian, respon pertama yang akan muncul pada kebanyakan orang adalah  Baycline padahal merek pemutih lain masih banyak seperti soklin pemutih yang fungsinya sama dengan Baycline, namun Baycline tidak dapat digunakan pada pakaian warna serta bau yang menyengat sedangkan so klin pemutih dapat digunakan pada pakaian berwarna dan baunnya tidak menyengat. Hasil yang ditawarkan pun jelas berbeda, Baycline lebih putih jika digunakan pada pakaian, bila digunakan pada pakaian warna maka dapat melunturkan warna pada pakaian begitu juga pada noda, maka akan dengan cepat menghilangkan. Banyaknya pesaing dalam pasar membuat produsen menciptakan produk yang unggul tentunya didukung dengan brand yang sesuai dengan kualitas produk. Pengelola merk atau brand tentunya berharap agar semua brand produknya bisa dapat diterima baik dengan konsumen.



Brand Insistance (Ketahanan merek)

Produk Bayclin sudah termasuk pada tahap Brand Insistance (Ketahanan merek). Brand Insistance adalah tingkat tertinggi dari kesetiaan terhadap merek, dimana konsumen tidak akan menerima substitusi untuk merek yang dipilih. Konsumen Bayclin akan bersikeras mendapatkan  produk Bayclin dan berniat untuk mencarinya.
Pada tahapan ini, Brand Insistance terjadi ketika konsumen melakukan pengambilan keputusan secara bulat mengkonsumsi produk untuk yang kesekian kali. Konsumen lebih banyak mengenal kelebihan produk ini dibanding produk lainnya dan merasa aman menggunakannya. Kegunaan Bayclin misalnya juga bisa digunakan sebagai anti jamur dan disinfectant. Bayclin tersedia dalam kemasan botol dan jirigen plastik di berbagai ukuran, dikenal dengan baunya yang menyengat maka Bayclin mulai mengembangkan produknya untuk mengurangi dampak negatif yang akan membuat konsumen merasa tidak nyaman terhadap produknya dengan menyediakan 3 aroma pilihan: Regular, Lemon dan Fresh. Sehinga dapat mengurangi persepsi konsumen terhadap Bayclin yang dikenal sebagai pemutih pakaian dengan bau yang menyengat.
Ingat pemutih, ingat Bayclin. Dalam hal ini, pengalaman konsumen pada produk Bayclin kemungkinan berakhir dengan pengalaman yang menyenangkan selama pemakaian produknya sehingga muncul keyakinan dalam diri mereka untuk selalu menggunakan atau mencoba produk lain dalam kelompok brand yang sama dengan Bayclin.

Brand Satisfy (Kepuasan merek)

Tahapan tertinggi dari brand adalah Brand Satisfy, konsumen benar-benar merasa puas terhadap pengalamannya secara terus-menerus menggunakan satu atau beberapa produk dalam brand yang sama.
Produk pemutih Bayclin sudah pada tahap Brand Satisfy, dimana konsumen benar-benar puas terhadap pemutih pakaian Bayclin serta memakainya secara berkala. Para kosumen bersikeras mendapatkan produk Bayclin untuk memutihkan baju-baju putih mereka. Kebulatan tekad yang mereka peroleh pada tahap brand Insistence membuat mereka yakin bahwa mereka akan selalu terpuaskan oleh produk-produk besutan PT. Johnson Home Hygene Product misalnya Baygon dan Autan dimana produk-produk tersebut juga mampu menjadi produk top of mind.
Bayclin memperoleh keuntungan yang sangat besar karena mereka sudah mampu menciptakan jutaan sales serta tersebar di beberapa negara. Konsumen produk Bayclin akan memberikan solusi masalah yang dihadapi oleh rekan mereka dan memberikan saran penggunaan yang menurutnya paling baik.


Kelebihan Bayclin       :

- Ampuh memutihkan baju
- Noda membandel pada baju putih hilang
- Bisa digunakan sebagai anti jamur dan disinfectant
- Membunuh bakteri
- Menghilangkan bau tidak sedap pada tempat sampah atau tempat kotor lainnya
- Varian aroma tersedia

Kekurangan Bayclin :
- Bau terlalu menyengat
- Hanya baju putih saja yang dapat dicuci menggunakan Bayclin
- Desain kemasan kurang menarik

1 Comment:

{ Unknown } at: 23 November, 2017 mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

:];]

 

About Me

Foto saya
Hi.. My name is Firdha Ramadhani Nuzula. Just call me 'Aping'. I'm studied at STIKOM Surabaya Indonesia on Visual Communication Design. I'm a photographer and designer graphic who has a love for creativity and enjoys experimenting with various techniques in photography and graphic design. I'm a freelance designer. I love my creative. Thanks for the watching my blog and Enjoys :]

Categories

Visitor

Entri Populer

Twitter

 

© 2012 firdha ramadhani